Uygur, Antara Moskow dan Beijing

Pertengahan 1980-an, ada 15.800 ulama di Xinjiang, memiliki total 15.500 masjid atau pusat-pusat pendidikan Islam, atau satu masjid untuk hampir setiap desa muslim.
Hampir semua warga Uygur dapat ditemukan di Wilayah Otonomi Xinjiang Uygur yang mencakup lebih dari 1.709.400 kilometer persegi atau sekitar seperenam dari keseluruhan daratan Tiongkok, dan ini provinsi terbesar dari wilayah negara Tiongkok, berada di kawasan barat laut yang jarang penduduknya.
Tarian Uygur, seperti Dance Bowl di Kepala, Drum Dance, Cincin Besi Dance dan Dance Puta, terang fitur, gerakan koreografi anggun dan cepat-ayun. Tari Sainaim adalah yang paling populer, sedangkan tarian Duolang kadang-kadang disebut sebagai bunga budaya rakyat Uygur. Ini menggambarkan kegiatan berburu dari orang-orang kuno.
Gerakan menggambarkan kekuatan, keluaran, dan antusiasme. Nazilkum populer di Turpan, Shanshan, dan Hami, sepenuhnya mencerminkan optimisme Uygur dan karunia untuk boleh bergurau. Sebagian tarian Uygur memang mampu mengundang gelak tawa penontonnya.
Selain kelompok suku Uygur, ada suku Han, Kazak, Hui, Mongolia, Kirgiz, Tajik, Xibe, Ozbek, Manchu, Daur, Tatar, dan suku Rusia juga tinggal di Xinjiang. Para Uighur kelompok etnis terbesar di Xinjiang. Mereka percaya dalam Islam.
Mendengar suku Uygur, pasti pejabat Beijing langsung menghela nafas. Alasannya suku ini suka memberontak ke Beijing. Untunglah Moskow (ibukota Rusia) tidak merespons permintaan bantuan untuk memerdekakan provinsi Xinjiang dari Beijing.
Sebab Tiongkok pernah kecolongan ketika provinsi Mongolia ingin merdeka, dan warganya meminta bantuan ke Moskow, maka provinsi itu langsung lepas dari pangkuan Beijing, daripada harus menanggung beban perang dengan Moskow terpaksa dengan perjanjian damai yang memberatkan. Suku Uygur mengusung perjuangan Negara Turkmenistan Timur. Tentu saja Beijing tak akan memberikannya, karena sudah kehilangan provinsi Mongolia yang beribu kota di Ulan Bator itu.
Daerah ini dibatasi oleh Pegunungan Altay di utara, Pamir di barat, Pegunungan Karakoram, Pegunungan Altun dan Pegunungan Kunlun (Tibet) di selatan. Pegunungan Tian Shan Xinjiang membagi menjadi bagian-bagian utara dan selatan dengan iklim yang sangat berbeda.
Selatan Xinjiang mencakup Cekungan Tarim dan Gurun Taklimakan, terbesar Cina, sedangkan bagian utara Xinjiang berisi Junggar Basin, di mana ladang minyak Karamay dan lembah subur sungai Ili berada. Basin Turpan, titik terpanas dan terendah di Tiongkok, terletak di ujung timur Pegunungan Tian Shan.
Iklim Xinjiang kering dan hangat di selatan, dan dingin di utara dengan curah hujan banyak dan salju. Daerah pertanian Uighur di sekitar Cekungan Tarim dan Gurun Gobi. Gandum, jagung dan padi adalah tanaman utama wilayah gandum, dan kapas merupakan tanaman tunai besar.
Sejak tahun 1950-an, kapas telah ditanam di lembah Sungai Manas utara lintang 40 derajat. Pegunungan Tian Shan kaya batu bara dan besi, emas di Altay, dan batu giok di Kunlun dalam. Wilayah ini juga memiliki deposito besar nonferrous, logam langka, minyak, dan cadangan hutan dan lahan terbuka untuk reklamasi.
Di zaman Dinasti Han (206 Sebelum Masehi/SM-220 Masehi), Xinjiang disebut “Wilayah Barat”. Zhang Qian hidup pada abad kedua SM, pergi ke Wilayah Barat sebagai utusan resmi di 138 dan 119 SM, memperkuat hubungan antara Tiongkok dan Asia Tengah melalui “Jalan Sutra.”
Pada 60 SM, Kaisar Xuan Di dari Dinasti Han Barat mendirikan Kantor Gubernur Daerah Barat untuk mengawasi “36 negara” utara dan selatan Pegunungan Tian Shan dengan perbatasan barat, selatan Danau Balkhash, dan Pamir.
Uygur berarti “kesatuan” atau “aliansi.” Asal dari kelompok etnis dapat ditelusuri kembali ke Dingling pengembara di utara dan barat laut Tiongkok dan di daerah selatan Danau Baikal dan antara Sungai dan Danau Balkhash Irtish pada abad ketiga SM. Beberapa orang berpendapat bahwa nenek moyang dari Uighur yang terkait dengan Huns.
Orang-orang Uighur kuno akhirnya ditaklukkan oleh suku Kirgiz Turki pada pertengahan abad kesembilan. Mayoritas warga Uighur, tersebar di banyak daerah, pindah ke Wilayah Barat di bawah Kantor Gubernur Anxi, dan daerah barat Yutian.
Sebagian pergi ke kerajaan Tufan di sebelah barat Provinsi Gansu. Warga Uighur yang tinggal di Wilayah Barat tinggal bercampur dengan pengembara Turki di wilayah utara Pegunungan Tian Shan dan padang rumput barat serta dengan Hans, yang berimigrasi di sana setelah dinasti Han pecah jadi Han Barat dan Han Timur.
Setelah Islam diperkenalkan ke Kasgar pada akhir abad ke-10, secara bertahap memperluas pengaruh untuk Shache (Yarkant) dan Yutian, dan kemudian di abad ke-12 untuk Kuya dan Yanqi, mana diganti Shamanisme, Manichae, Jingism (Nestorianisme, diperkenalkan ke Cina selama Dinasti Tang), Ao'ism (Mazdaism) dan Buddhisme, yang telah populer selama ratusan tahun.
Budaya Wilayah Barat dikembangkan dengan cepat, kepada Uygur, seperti bahasa Sanskerta (India) dan bahasa Cuili Poluomi. Kemudian kalender dan gaya lukisan yang digunakan. Dua pusat utama kebudayaan dan sastra Uygur ada di Turpan (utara) dan di Kaxgar (selatan). Banyaknya dokumen pemerintah, buku-buku agama dan cerita rakyat pada periode ini.
Gerdan, kepala suku di utara Xinjiang Dzungaria, menggulingkan Khanate Yarkant pada 1678 dan memerintah daerah Uygur. Tentara Qing diperangi pada tahun 1757 (tahun 22 pemerintahan Kaisar Qian Long). Pemberontakan separatis oleh para bangsawan Dzungarian ini karena dihasut oleh Tsar (Kekaisaran) Rusia pada 1759 menimbulkan. Namun berhasil dipadamkan pemerintah Beijing.
Pemerintah Qing memperkuat sistem lokal kantor komando militer di Xinjiang, demi memperkuat Daerah Barat dari serbuan Tsar Rusia. Seperti penguatan pemerintah daerah, sistem prefektur dan kabupaten. Pengadilan kekaisaran mulai mengangkat dan pejabat lokal. Hal ini melemah ke beberapa derajat sistem feodal lokal.
Aturan feodal keras dan eksploitasi menimbulkan pemberontakan enam bulan (Uqturpan) Wushi tahun 1765, pemberontakan bersenjata pertama oleh orang Uygur melawan feodalisme. Dengan tujuan melestarikan kekuasaan mereka dan menyingkirkan kontrol Qing, pemilik Uygur feodal memanfaatkan perjuangan antara faksi-faksi agama untuk mengobarkan nasionalisme dan menutupi kontradiksi memburuknya kelas sosial.
Zhangger, cucu dari Khawaja Senior, seorang wakil dari orang-orang pemilik tanah, di bawah bendera agama dan dipersenjatai yang dipasok Inggris, menyerang selatan Xinjiang berkali-kali antara 1820-1828, tetapi gagal untuk memenangkan kampanye militer.
Tidak lama setelah pecahnya Perang Candu, warga Uygurs dan Hui di Kuqa, dipengaruhi oleh pemberontakan dari Kerajaan Surgawi Taiping dan Tentara Nian oleh petani minoritas di Yunnan, Shaanxi dan provinsi-provinsi Gansu, melancarkan pemberontakan bersenjata tahun 1864. Orang di Urumqi, Shache (Yarkant), Ili, Barkol, Qitai, Hami, Mori, Jimsar, dan Changji ikut berperang juga.
Pemberontakan terhadap pengadilan Qing menyapu Xinjiang. Peperangan itu membawa bencana yang lebih besar kepada masyarakat setempat.
Inggris mendukung Yakub Beg, Panglima Jenderal Khanate Kokand pada tahun 1865, yang menginvasi Xinjiang dan mendirikan Khanate Zhedsar (Tujuh-Kota Khanate). Yakub Beg adalah alat tangan Inggris dan Tsar Rusia, yang ingin memisahkan Xinjiang dari kekuasaan Beijing.
Yakub Beg menerapkan pemerintahan yang kejam dan, dan atas nama Allah, menewaskan 40 ribu nonmuslim di selatan Xinjiang. Penganiayaannya juga diperluas untuk suku Islam Tionghoa yang melawannya. Masyarakat lokal harus menanggung beban perang, memasok faksi dengan makanan, bahan bakar, kendaraan, hewan, dan ekonomi lokal mengalami bencana. Petani bangkrut melarikan diri, dan beberapa harus menjual anak-anak mereka untuk hidup. Perdagangan budak booming di pasar-pasar lokal.
Untuk melestarikan kepentingan Rusia dan menjaga keseimbangan dalam pengaruh Inggris di Asia Tengah, Tsar menandatangani perjanjian komersial dan perdagangan ilegal dengan Yakub Beg. Dikirim pasukan untuk menduduki Ili pada tahun 1871.
Pasukan Rusia memaksa orang-orang dari suku Uygur, Kazak, Hui, Mongolia, dan suku Xibe tinggal di komunitasnya sendiri, dilarang berhimpun karena ditakutkan akan melawan tentara Rusia. Banyak Uygurs harus meninggalkan kota rumah mereka, dan pindah ke Huicheng dan Dongshan.
Begitu banyak orang lokal yang didukung pasukan Qing ketika mereka menggulingkan Yukub Beg pada tahun 1877. Namun, tidak lama setelah itu, pemerintah Qing menandatangani “Perjanjian Sino-Rusia Peking” dan “Protokol Tahcheng pada pembatasan Perbatasan Sino-Rusia,” dimana Tiongkok dipaksa untuk menyerahkan 440.000 kilometer persegi lahan untuk Rusia pada tahun 1881.
Tsar Rusia memaksa lebih dari 10 ribu warga Uygur, Hui, Mongolia, Kazaks dan orang-orang Kirgiz untuk pindah ke Rusia dan menjdi budak di lahan pertanian, dengan fasilitas irigasi, rumah, dan kebun buruk.
Pemerintah Qing memutuskan untuk membuat Wilayah Barat (sebelumnya diperintah oleh jenderal yang ditempatkan di Ili), sebuah provinsi bernama Xinjiang.
Setelah Revolusi 1911 yang menggulingkan Dinasti Qing, aturan Qing digantikan oleh panglima perang feodal. Sheng Shicai yang mengaku progresif, kekuasaannya dirampas di Xinjiang dalam kudeta 12 April tahun 1933.
Pada tahun yang sama, Inggris mendorong Mohamed Imin yang bermimpi tentang sebuah negara Turki Timur yang lebih besar, untuk membentuk Hotan Republik Islam, dan Maula Shabitida, untuk mendirikan Republik Islam Turkistan Timur.
Imperialisme Jepang pada tahun 1937 mendalangi plot berdasarkan Mamti dan Raolebas untuk membentuk negara Islam independen, dan Mamti bekerja sama dengan Mahushan memberontak. Namun, semua upaya separatis gagal.
Supaya para warga Uygur tak mengajak-ngajak rumpun Turki yang beragama Islam di Xinjiang mendirikan negara merdeka, Beijing memberikan hak istimewa kepada daerah itu.
Xinjiang Uygur Autonomous Region resmi didirikan pada tanggal 1 Oktober 1955. Lima prefektur otonom dan enam kabupaten otonom didirikan di bulan-bulan berikutnya. Otonomi etnis minoritas menjadi kenyataan.
Sekarang ada lebih dari belasan juta muslim di negara itu, dibandingkan dengan delapan juta pada awal periode pasca-1949. Pada tahun 1953, Asosiasi Islam Tiongkok didirikan dengan Burhan Shahidi sebagai ketuanya. (bersambung)